Raport Sekolah Dasar Kurikulum 2013

Bentuk Raport Sekolah Dasar Kurukulum 2013
Selam pendidikan untuk kita semua kali ini saya akan membagikan kepada rekan rekan guru bentuk raport untuk anak sekolah dasar dengan format kurikulum 2013 dan dalam rapot kurikulum 2013 berbeda dengan bentuk rapart yang di gunakan dalam kurikulum KTSP yang kita kenal sebelumnya.

berikut ini akan saya jelaskan sedikit tentang raport siswa sekolah dasar kurikulum 2013 : 

  1. Penilaian Sikap Dalam raport sekolah dasar kurikulum 2013 terdapat beberapa bagian yang di rubah yang pertama proses penilaain sikap dari anak yaitu bentuk penilaian KI-1 dan KI-2 yaitu penilaian sikap sepiritual dan sikap sosial dari siswa sekolah dasar.  Penilaian sikap ini dilakukan oleh guru kelas dan guru bidang studi minimal 2 kali dalam satu semeter dan bentuk dari penilaian sikap ini akan di laporkan dalam bentuk deskripsi nila sikap peserta didik. 
  2. Penilaian pengetahuan dan keterampilan penilaian ini dapat dilakukan dengan dua cara yaitu terpisah dan terpadu. Pada saat penilaian keterampilan dilakukan, secara langsung penilaian pengetahuan pun di lakukan. dalam penilaian pengetahuan dan keterampilan ini harus mengacu pada pemetaan kompetensi dasar yang berasal dari KI-3 dan KI4 pada periode yang di tentukan. 
  3. Untuk melakukan penilain pengetahuan dan keterampilan ada tiga bagian yang harus di perhatikan diantaranya adalah : 
  • Penilaian Harian (PH) penilaian harian dapat dilakukan dengan tes tertulis, lisan atau penugasan penilaian tertulis dilakukan berdasarkan pemetaan KD dalam proses pembelajaran minimal satu kali dalam satu tema untuk setiap KD muatan pelajaran. 
  • Penilain Tengah Semester (PTS) penilaian ini dilakukan setelah menyelesaikan separuh atau setegah dari jumlah tema yang terdapat dalam satu semester atau setelah 8-9 minggu belajar aktif. PTS berbentuk tes tertulis dan berfungsi untuk memperbaiki atau perbaikan penilaian selama setegah semester dan menjadi bahan pegolahan raport diakhir semester. 
  • Penilaian Akhir Semester (PAS) penilaian ini dilaksanakan setelah proses pembelajaran dalam satu semeter diselesaikan atau sudah menyelesaiakn semua tema yang diajarkan dalam semester tersebut secara akatif. PAS ini dilakukan dengan cara tes tertulis berdsarkan KD dalam muatan pelajaran selama satu semester penuh secara aktif. karena bagian ini mejadi sala satu bahan untuk proses pengisian raport siswa di akhir semester. 
demikian pembahasan singkat yang dapat saya jelaskan kepada bapak ibu sekalian untuk mendapatkan bentuk raport siswa sekloah dasar kurikulum 2013 maka dapat di download di sini : 

Download Raport Siswa Sekolah Dasar Kurikulum 2013 

Bagikan Melalui

Related Posts

Previous
Next Post »